Masuk
Masuk
Back

Cara trading Cryptocurrencies dengan OctaFX

Saat ini cryptocurrencies adalah instrumen yang paling volatile dan banyak diperbincangkan di market.

Dalam artikel ini, kami akan menginvestigasi apa itu cryptocurrencies, asal muasalnya dan spesifikasinya, serta bagaimana cara trading crypto.

Bitcoin, meskipun menjadi cryptocurrency pertama di dunia, namun tujuannya bukan untuk menjadi yang pertama pada awalnya. Ide awal dan intinya adalah menciptakan jaringan peer-to-peer terdesentralisasi yang bisa memecahkan masalah yang biasa disebut ‘double-spending’ - kemampuan untuk mengirimkan sejumlah bitcoin ke dua orang yang berbeda, mengakibatkan tindakan penipuan. Terlepas dari ukuran keamanan, jaringan tersebut juga memiliki fitur anonim, kecepatan yang tinggi dan skala global.

Bagaimana cara kerja jaringan desentralisasi?

Dalam jaringan desentralisasi, seperti teknologi blockchain, setiap peserta dalam sistem tersebut tidak hanya menjadi penerima dan pengirim, namun juga bisa menjadi validator. Validasi setiap transaksi merupakan karakteristik utama jaringan. Sebelum transaksi benar-benar bisa dilakukan, maka harus divalidasi untuk menghindari double-spending. Ada banyak validator, dan transaksi akan tetap pending hingga setiap validator tersebut menyetujuinya. Jika satu validator tidak menyetujuinya, maka transaksi akan dibatalkan. Konsensus harus dicapai untuk memberikan transaksi yang aman. Proses validasi disebut juga sebagai ‘mining’. Untuk hal inilah para miner mendapatkan bayaran dalam cryptocurrency, yang nantinya dapat digunakan untuk membeli sesuatu di internet atau membeli kontrak pintar, tergantung pada jenis cryptocurrency-nya.

Di OctaFX kami menyediakan kepada para klien kami yakni empat crypto yang paling volatile dan populer - Bitcoin, Litecoin, Ripple dan Ethereum. Mari kita lihat fiturnya lebih detail:

Bitcoin - emas digital

Bitcoin adalah mata uang digital pertama, yang dibuat pada tahun 2009 silam. Perbedaan utama dari mata uang tradisional (EUR, USD, JPY, dll) adalah transaksi tersebut terdesentralisasi, lebih aman, dan privasinya lebih terjaga. Mata uang digital menggunakan teknologi enkripsi untuk mengatur generasi satuan mata uang dan memverifikasi transfer dana. Tidak ada bank ataupun pemerintah yang dapat mengganggu tingkat mata uang atau transaksi yang dilakukan.

Lalu apa yang dapat mempengaruhi harga Bitcoin? Yang utama adalah masyarakat - penyebaran penerimaan mata uang, pembelian utama yang mendadak yang dilakukan oleh orang-orang, kompatibilitas dengan sistem pembayaran rumah tangga seperti Paypal - semua hal tersebut dapat menyebabkan harga Bitcoin naik.

Bitcoin chart

Litecoin - crypto perak

Litecoin pertama kali diterbitkan pada tahun 2011 dan sangat mirip dengan Bitcoin. Jika Bitcoin dapat didefinisikan sebagai ‘emas’ dari cryptocurrencies saat ini, maka ini membuat Litecoin didefinisikan sebagai ‘perak’.

Litecoin menyediakan transaksi yang aman dan cepat di dalam blockchain, dengan kemampuan untuk membeli barang di internet. Perbedaan utama dari Bitcoin (dan manfaat utama Litecoin) adalah kemampuan memproses volume yang jauh lebih tinggi dalam satu transaksi. Sementara Bitcoin hanya memiliki 21 juta koin, Litecoin menawarkan empat kali lipat lebih banyak - 84 juta.

Litecoin chart

Ripple - transfer semuanya

Ripple bukan hanya sekedar nama cryptocurrency lainnya - itu juga merupakan nama sebuah sistem yang mampu memproses berbagai transaksi. Ripple memiliki tujuan yang sama seperti Bitcoin - untuk memberikan kepada penggunanya di seluruh dunia berupa akses transaksi yang cepat dan aman. Namun, apa yang membedakan Ripple dari cryptocurrencies lainnya yakni memungkinkan penggunanya untuk mentransfer bukan hanya satu mata uang saja - Ripple - tapi juga mata uang lainnya, termasuk cryptocurrencies dan mata uang tradisional seperti USD, EUR, dan seterusnya.

Ripple chart

Ethereum - berinvestasi di masa depan

Etherium adalah mata uang digital yang diciptakan pada tahun 2015. Etherium mirip dengan Bitcoin dan juga sangat berbeda pada saat bersamaan. Kemiripannya yakni keduanya merupakan mata uang digital, menggunakan blockchain untuk transaksi dan harganya tinggi saat ini. Namun pada intinya Etherium sangat berbeda- Etherium bukanlah sebuah cryptocoin yang dapat digunakan untuk membeli barang di internet, namun merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mendukung teknologi kontrak pintar untuk berinvestasi di ICO dari perusahaan yang baru didirikan.

Ethereum chart

 

Saat ini banyak sekali perbincangan seputar cryptocurrencies - beberapa orang memprediksi adanya kenaikan yang cepat dan penurunan yang dramatis, sementara yang lainnya yakin bahwa cryptocurrencies adalah mata uang masa depan. Kami sarankan supaya anda memperhatikan berita tentang cryptocurrencies, sehingga anda selalu update dengan apa yang terjadi. Untuk saat ini paling tidak, cryptocurrencies dianggap sebagai pilihan trading yang baik.

Mulai Livechat